Taklukan Anjing Kesayanganmu di Rumah

www.anjinglucu.com | Anjing adalah tipikal Hewan yang hidup dengan kawanan atau kelompok. Walaupun bukan dialam liar, Anjing yang berada di rumah kita pun akan memiliki Naluri serupa. Diantara kawanan atau kelompok, biasanya akan ada satu anjing yang bersifat seperti Pemimpin atau biasa dikenal dengan istilah ALFA. Dan, Anjing tipikal Alfa ini juga bisa saja ada di rumah kita, diantara kita. Lalu bagaimana kita Menaklukkannya?

Anjing bersifat Alfa, memiliki tipikal Pemimpin dan Dominan, bahkan bukan tidak mungkin, kita sebagai manusia juga bisa ‘TERINTIMIDASI’ dengan Anjing Kesayangan kita yang memiliki sifat Alfa ini. Si anjing akan menguasai wilayah sekitarnya dan bahkan kita yang ada sekitarnya sebagai kawanan mereka. Hal ini yang seringkali dianggap Anjing terlihat Galak atau Agresif dibanding Pemiliknya. Tentu hal ini akan merepotkan kita, untuk itu kita harus bisa menjadi Pemimpin si anjing atau menjadi ALFA bagi si Anjing.

Sebagai Langkah Umum dan Dasar, agar diri kita sebagai Pemilik menjadi ALFA atau Pemimpin bagi si anjing adalah kita harus melakukan PEDEKATAN atau Bounding dan dengan melakukan Koreksi kepada Anjing kita, pada saat melihat Anjing kita melakukan tindakan yang tidak sesuai atau tidak baik.

Untuk anjing yang berumur kurang dari satu tahun, cara kita berakrab ria dengan mereka, antara lain dengan memberi mereka makan dengan tangan kita. Bergantian, tangan kanan dan kiri. Dengan memberikan makanan kesukaan mereka dengan tangan kita langsung, si anjing akan segera mengenali kita dan akrab dengan kita.

Untuk anjing dewasa, kita perlu lebih sabar dalam mengakrabkan diri dengan mereka. Karena tentu saja mereka lebih sulit beradaptasi. Tapi, hal itu tak berarti tak bisa dilakukan. Caranya adalah ketika mereka mulai lapar, sebelum kita beri makanan di piring bagusnya, lebih dulu kita suapi dengan tangan secara bergantian dengan tangan kiri dan kanan. Namun, sebelum itu, biarkan lebih dulu anjing mengendus makanan yang akan kita berikan.

Ketika anjing yang sudah dewasa ini mulai percaya dengan kita dan mau mengambil makanan dari tangan kita, maka proses adaptasi sudah mulai berjalan. Kalau kita telaten dan sabar, dan setiap hari ada suapan makanan buat mereka dari tangan kita, maka hasilnya pasti akan segera kelihatan, si anjing akan segera akrab dengan kita. Waktu yang kita buang untuk berakrab ria dengan anjing piaraan kita ini tidak lama kok.

Bounding selama 10 sampai 15 menit setiap hari pun, kalau kita kerjakan dengan sungguh sungguh pasti akan membuat anjing segera jatuh cinta dengan kita. Memang capek sih. Tapi, itulah risiko yang harus kita tanggung demi hewan kesayangan. Masak mau beli anjing lalu ditaruh di kandang melulu. Kan kasihan ya, si anjing jadi sangat menderita.

Nah, itu sebabnya sebelum Anda memutuskan merawat anjing, petimbangkanlah baik-baik, apakah Anda punya waktu khusus buat dia. Adakah ada waktu Anda yang tersisa untuk bercengkerama dan bermain dengan si anjing. Karena hal ini yang sangat dibutuhkan anjing agar mereka juga menyayangi Anda dengan sepenuh hati.

Nah, ketika Anda memutuskan mengasuh si gukguk, perawatan yang baik dan jalinan kedekatan atau bounding inilah yang semestinya menjadi prioritas ya guys, supaya si anjing tidak merana. Kasihan. Sumber : Tribun News | Penulis : Aldi Setiadi S | Editor: Sigit Sugiharto

RelatedPost